KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT atas
limpahan rahmat dan hidayah-Nya,
sehingga saya dapat menyelesaikan makalah ini yang berjudul “MACAM –
MACAM BILANGAN MATEMATIKA” ini dengan lancar dan tepat waktu dalam pengumpulan.
Makalah
ini telah saya susun dengan maksimal
dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak .Untuk itu saya menyampaikan banyak
terima kasih kepada semua pihak yang telah ikut berkontribusi dalam pembuatan
makalah ini.
Terlepas
dari semua itu, saya
menyadari sepenuhnya bahwa makalah ini
masih
ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya.Oleh karena
itu, Saya harap dengan membaca makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kita semua, Khususnya bagi Peserta didik sekolah dasar untuk menambah pengetahuan
tentang macam – macam bilangan matematika
Untuk itu, saya sebagai penulis
mengharapkan kritik dan saran dari pembaca mengenai makalah ini demi menuju
perbaikan ke arah yang lebih baik lagi.
,
2016
Penulis
DAFTAR ISI
KATA
PENGANTAR .................................................................................. ………. ii
DAFTAR
ISI ................................................................................................ ………. iii
BAB
I PENDAHULUAN............................................................................ ………. 1
A. Latar Belakang........................................................................... ………. 1
B. Rumusan Masalah...................................................................... ………. 1
C. Tujuan Penulisan........................................................................ ………. 1
D. Manfaat Penulisan……………………………………………..............
1
BAB
II PEMBAHASAN ............................................................................. ………. 2
A. Macam – macam bilangan dan contohnya ................................ ………. 2
BAB
III PENUTUP ..................................................................................... ………. 5
DAFTAR PUSTAKA ................................................................................... ………. 6
BAB I
PENDAHULUAN
A. LATAR
BELAKANG
Pada dasarnya mata pelajaran Matematika selalu
membahas yang berhubungan dengan angka. Baik angka dari yang dasar yaitu angka satuan, puluhan, ratusan,
ribuan dan sampai pengelompokan angka yang seterusnya. Untuk itu, pasti angka
selalu ada di dalam pelajaran matematika. Pada pelajaran di sekolah dasar angka
– angka matematika sudah diajarkan dari mulai dasar. Tapi kebanyakan anak
Sekolah Dasar hanya mengetahui angka –
angka matematika saja dan kurang mengetahui pengelompokan angka – angka
tersebut dalam suatu bilangan dalam matematika.
Pengelompokan angka – angka didalam suatu bilangan memang
pada pelajaran matematika Sekolah dasar kurang menjelaskan hal itu. Ini
dikarenakan tingkatan pelajaran matematika pada sekolah dasar, langsung pada
contoh bilangannya tanpa didiskripsikan itu termasuk bilangan apa. Bilangan
yang biasanya selalu diberikan adalah bilangan Positif, Negatif,
ganjil,genap,prima, pecahan dan decimal. Itu bertujuan hanya untuk memudahkan
siswa Sekolah Dasar dalam mengerti dan mempelajari tentang suatu bilangan. Secara jelasnya seperti
itu,tapi kenyatannya bilangan Positif, Negatif, ganjil, genap, prima, pecahan,
dan decimal adalah bagian – bagian dari bilangan – bilangan sebenarnya yang
sudah dikelompokkan didalam macam – macam bilangan seperti Bilangan Asli, Cacah
, Bulat , Rasional dan bilangan seterusnya.
Untuk itu, hanya menambah informasi dan pengetahuan
mengenai Bilangan pada anak sekolah dasar. Biar dari SD sudah mengetahui
pengelompokan bilangan. Sehingga nanti pada sekolah ke jenjang lebih tinggi
tidak merasa asing. Dikarenakan sudah pernah tahu dan mempelajari tentang macam
– macam bilangan beserta contohnya di Sekolah Dasar.
B.
RUMUSAN MASALAH
1.
Apa saja macam –
macam bilangan dalam matematika dan beserta contohnya..?
C.
TUJUAN PENULISAN
1.
Untuk mengetahui
macam – macam bilangan dalam matematikan dan beserta contohnya.
D.
MANFAAT
PENULISAN
Dengan
menulis makalah ini bermanfaat untuk saya sendiri dan bagi pembaca karena
semakin menambah informasi dan pengetahuan mengenai macam – macam bilangan
didalam matematika beserta contohnya. Sehingga untuk kedepannya bisa
mengelompokkan dan mengidentifikasi setiap angka itu termasuk bilangan apa.
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Macam – Macam
Bilangan Matematika
Bilangan matematika sebenarnya ada banyak
macam – macamnya. Tapi Bilangan itu sendiri ada yang umum diketahui oleh siswa
SD dan yang bersifat khusus ( yang jarang diketahui oleh siswa SD). Bersifat
umum maksutnya bilangan tersebut bagian terkecil dari bilangan – bilangan
khusus. Untuk itu, deskripsi pengertian tentang macam – macam bilangan beserta
contohnya yaitu :
1.
Bilangan –
bilangan yang umum diketahui.
a.
Bilangan Positif
Bilangan
yang berada di sebelah kanan 0 pada garis bilangan, dan menyangkup beberapa bilangan
– bilangan yang ada.
Contoh,
D ={1,2,3,4, …..}
b.
Bilangan Negatif
Bilangan
yang berada disebelah kiri 0 pada garis bilangan, menyangkup beberapa bilangan
– bilangan yang ada.
Contoh,
N = {-2,-4,-5,-7, ……}
c.
Bilangan Genap
Bilangan
yang habis dibagi dengan 2. Contohnya, G = {-4, -2, 6, 8, 10,…..}
d.
Bilangan Ganjil
Bilangan
yang dibagi dengan 2 hasilnya selalu tersisa 1.
Contohnya,
J ={-3, 1, 5, 7, 9, 11,……}
e.
Bilangan Pecahan
Bilangan
yang di definisikan dengan a adalah pembilang dan b adalah penyebut. A
dan b adalah bilangan bulat serta b ≠ 0.
Contohnya,
P = {…..}
f.
Bilangan Desimal
Bilangan
hasil pembagian yang hasilnya tidak tepat habis, sehingga menggunakan tanda
koma ( , ) sebagai penghubung.
Contohnya,
P = {1,2 , 3,45 , 0,25 ,…….}
g.
Bilangan Prima
Bilangan
yang hanya bisa dibagi dengan bilangan itu sendiri dan angka 1.
Contohnya,
K= {2,3,5,7,11,……..}
2.
Bilangan –
Bilangan Khusus yang Sukar diketahui
a.
Bilangan Asli
Bilangan positif
yang diawali angka satu sampai angka selanjutnya. (tidak pecahan dan tidak
decimal).
Conyotnya, A=
{1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,13…….}
b.
Bilangan Cacah
Bilangan yang
diawali dengan nol dan bilangan Positif. (tidak pecahan dan tidak decimal).
Contohnya, C= {0,1,2,3,4,5,6,7,8,9,10,11,12,…….}
c.
Bilangan Bulat
Bilangan yang
terdiri dari bilangan negative, nol dan bilangan positif. (tidak pecahan dan
tidak decimal).
Contohnya, B =
{……-2,-1,0,1,2,3,4,5,…..}
d.
Bilangan
Rasional
Bilangan –
bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan dimana p dan q adalah bilangan bulat. q ≠ 0.
Contohnya, R = {…………}
e.
Bilangan
Irrasional
Bilangan yang
tidak dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan dan tidak dapat dinyatakan sebagai
decimal beakhir atau decimal berakhir.
Contohnya, I = {………}
f.
Bilangan Real
Bilangan –
bilangan gabungan dari bilangan rasional dan irrasional.
Contohnya, E = {
….0,……..}
g.
Bilangan Imajiner
Bilangan dalam
satuan i (imajiner) dimana i adalah lambang bilangan baru yang sifatnya i2 =
-1.
Contohnya, I= {
i,4i, 5i, ……}
h.
Bilangan
Kompleks
Bilangan yang
anggotanya (a + bi) dengan a,b R. dengan i2 = -1, a bilangan asli dan b
bilangan imajiner.
Contohnya, K = {
2+3i, 6+2i,…}
Hubungan antara bilangan satu dengan bilangan yang
lainnya.
Bilangan
Asli Bilangan Cacah Bilangan Bulat Bilangan
Rasional Bilangan Real Bilangan kompleks.
dengan
catatan = himpunan bagian/
anggota bagian.
Bilangan irrasional merupakan pecahan bilangan Real,
Bilangan imajiner merupakan bagian dari bilangan Bilangan Kompleks.
BAB III
PENUTUP
A.
KESIMPULAN
Pengelompokan angka didalam Bilangan
pada pembelajaran Matematika Sekolah Dasar memang belum terlalu jelas. Hanya
bilangan – bilangan yang bersifat umum yang di ketahui oleh para siswa Sekolah
Dasar yaitu Bilangan Positif, Bilangan Negatif, Bilangan Genap, Bilangan
Ganjil, Bilangan Prima, Bilangan Pecahan Dan Bilangan Desimal. Tujuan
mengenalkan bilangan – bilangan tersebut yaitu agar mempermudah pembelajaran
matematika. Tapi dari bilangan – bilangan yang bersifat umum tadi, sebenarnya
adalah bagian dari bilangan – bilangan khusus yang jarang di ketahui
diantaranya yaitu Bilangan Asli, Bilangan Cacah, Bilangan Bulat, Bulat
Rasional, Bilangan Irrasional, Bilangan Real , Bilangan Imajiner dan Bilangan
Kompleks.
B. SARAN
Setelah mengetahui Bilangan – bilangan beserta
contohnya. Bisa diterapkan didalam soal jika menyangkup tentang bilangan.
Sehingga apa yang dipelajari tadi tidak terlupakan tapi selalu tersimpan untuk
bekal dalam mengerjakan soal – soal.
DAFTAR PUSTAKA