.Ø Mesin Tambat ( Capstan )
Peralatan ini berfungsi untuk mengikat
kapal pada saat kapal sandar/berlabuh.Sistem ini terdiri dari Bollard,Fairlead
dan roller chock, warping winch/capstan. Desain sistem moring ini biasanya
didasarkan pada perencanaan untuk menahan kapal terhadap semua gaya yang
merugikan yang mungkin dialami kapal selama beroperasi. Berdasar hasil
penelitian 90% angin kencang yang terjadi pada pelabuhan komersial berkecepatan
35 knot
Ø capstan
(mesin penarik tali tambat)
·
Adalah
Drum vertikal yang digerakkan oleh motor untuk penambatan/menarik kapal
di dermaga yang akan berlabuh .
- Macam-macam
tenaga motor penggeraknya yaitu :
- Steam drive.
- Electric drive.
- Hydraulic drive.
- Peletakan
motor penggerak capstan yaitu di bawah dek untuk untuk menghindari
lingkungan yang beragam dan terlindung dari cuaca.
- Capstan
adalah terbuat dari caststeel atau steel yang di las.
- Penggerakkan
capstan bisa dengan gear reduksi atau dikopling langsung dengan motornya.
Seperti yang tergambar sebagai berikut :
- Persyaratan
CAPSTAN :
- Dapat
digerakkan dua arah.
- Dapat
dioperasikan dengan tangan apabila penggerak utama terganggu.
- Kecepatan
mengulur tali 70-80 fpm, kecepatan menarik (berbeban) ± 30 fpm.
- Kekuatan
motor harus dapat berfungsi pada Full Load. Kekuatan daya tarik 75%
dari kekuatan maksimal.
- Capstan
dibuat berdasarkan beberapa komponen pokok, yaitu :
- Kemampuan/Reliability.
- Kekasaran.
- Tahan
air.
- Pertimbangan
lain-lain seperti ekonomis, kebisingan, berat dsb adalah hal –hal yang
dinomorduakan.
- Perhitungan
pada CAPSTAN.
Gaya
tarik pada penggulung Warping Winch.
Tw
= Rb . 1/5 kg
Dimana
:
Rb
: Tegangan putus tali tambat.
Kecepatan
pada sebuah barrel capstan untuk mengangkat tali tambat dapat dilihat. Pada
tabel dibawah ini yang diambil dari the central Marine Research
Institut dari Rusia :
Tarikan
Barrel capstan (Kg)
|
Pengangkatan
Tali Tambat (m/s)
|
Tenaga
yang digunakan (kg.m/s)
|
1200
|
0.3
|
350
|
3000
|
0.25
|
750
|
4500
|
0.2
|
1000
|
Ada
tiga macam penyusunan Capstan yang umum digunakan. Dalam suatu penyusunan
motor, elektrik brake, gear reducer dan capstan head diletakkan semuanya pada
weather Deck. Penyusunan yang kedua adalah hanya capstan head yang diletakkan
pada weather deck, dengan motor electric brake dan gear reducer tergantung
dibawah weather deck. Penyusunan ketiga adalah hanya capstan head yang
diletakkan di weather deck dengan motor, brake dan gear reducer berada di deck
di bawahnya.
Keuntungan
penyusunan dengan cara pertama, semua bagian dapat dirangkai oleh pembuat mesin
untuk dipasang ditempat yang diinginkan oleh perencana/pembuat kapal. sedang
kerugiannya bahwa motor dan brake harus menggunakan konstruksi yang kedap air,
dan penempatannya yang menyusahkan.
Susunan
yang kedua mempunyai keuntungan motor dan remnya diluar weather deck. Sehingga
merupakan konstruksi yang tahan terhadap air. Susunan yang ketiga mempunyai
masalah meluruskan mesin penggerak dengan capstan head. Dan juga
memerlukan instalasi fleksibel kopling yang dapat menyesuaikan ketidaklurusan .
·
capstan
head biasanya berbentuk seperti tong. Gear reducer biasanya terdiri dari roda
reduksi dan gulungan dan sebuah taji, helix, atau reduksi tulang ikan. Biasanya
lebih banyak digunakan roda reduksi dan gulungan dari pada reduksi yang lain
dengan keuntungan effisiensi yang lebih tinggi. Semua bantalan yang ada di
reducer harus berbentuk bola atau bertipe roler. Karena diperlukan untuk
akurasi pelurusan dari gear gulung.
Untuk
kapal dagang biasanya ketika capstan menanggung beban tertentu ditekankan untuk
tidak melebihi 40 % diri yield point dari material. Motor capstan seharusnya
reversibel dan biasanya terdiri dari 2 kecepatan (penuh dan seper empat), daya
konstan dan bertipe sangkar tupai. Sebuah brake seharusnya ada pada poros
motor. Capstan biasanya dirancang untuk kecepatan kira-kira 30 – 35 FPM, ini
kira kira sama dengan kecepatan manusia untuk melilitkan tali pada kapstan.
Jika motor berkecepatan penuh dan seperempat seperti disebutkan diatas
akan menghasilkan kecepatan 120 – 140 FPM.
·
Capstan Pinmarine dapat menggunakan electric
atau hydraulic drive. Peggerak utama dari electric Capstans adalah motor motor
dengan reducer gear yang dapat diposisikan diatas atau dibawah deck kapal.
Untuk hydraulic Capstans, penggerak utama adalah hydraulic motor dengan reducer
gear
Capstan
dirancang sampai kekuatan tarik 10 ton dengan variasi desain sesuai keinginan
(customized)