KATA PENGANTAR
Puji
dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, yang atas karunia, rahmat
nikmat-Nya, Makalah berjudul “SEJARAH GOOGLE” dapat diselesaikan. Makalah
ini dimaksudkan untuk memenuhi salah satu tugas Mata Pelajaran simdig
pada .................... Dalam penyelesaian Makalah ini banyak mendapatkan bantuan dan
dorongan dari berbagai pihak, baik moril maupun materil. Oleh karena itu,
selayaknya dalam kesempatan ini penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada
Semua pihak yang telah membantu penulis yang tidak mungkin penulis sebutkan
satu persatu. Mudah-mudahan segala bantuan dan kebijakan yang telah
diberikan kepada penulis mendapat imbalan dari Allah SWT. Penulis menyadari
bahwa dalam penulisan ini masih banyak kekurangan dan kelemahan. Hal ini
semata-mata karena keterbatasan kemampuan penulis sendiri. Oleh karena itu,
kritik dan saran sangat penulis harapkan dari semua pihak, khususnya pembaca
untuk perbaikan dimasa yang akan datang. Harapan penulis semoga makalah
ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi para pembaca.
................. , 8 November 2016
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Google…
Unik
namanya, Unik sejarahnya,
Siapa
yang tak kenal dengan Google. Bagi semua peselancar dunia cyber pasti sudah
sangat akrab dengan Om Google ini. Google sangat terkenal dengan mesin pencari
di rimba belantara dunia maya. Yang perlu dilakukan hanyalah mengetik kata
sandi yang diinginkan maka Om Google akan melacak dan mencari informasi apapun
yang diinginkan.
1.2. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang pemikiran di atas, tulisan ini ingin mengetahui
bagaimana asal muasal google itu sendiri, yakni:
1. Bagaimana berdirinya google?
2. Faktor- faktor apa saja yang mempengaruhi berdirinya google?
3. Bagaimana strategi pengembangan google di era modern saat ini?
1.3. Tujuan Penulisan
Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui asal muasal sejarah google akan
informasi yang telah melewati semua batasan yang ada.
1.4. Manfaat Penelitian
Maksud dan tujuan diadakan penulisan terhadap sejarah google yakni :
1. Guna mendapatkan data dan informasi bagaimana berdirinya google.
2. Untuk mengetahui faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi berdirinya google.
3. Untuk memenuhi salah satu persyaratan penyelesaian tugas akhri studi.
4. Untuk meningkatkan dan menambah wawasan penulis tentang sejarah google.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Sejarah Google
'Google'
adalah sebuah istilah matematika untuk angka 1 yang diikuti oleh 100 angka nol.
Hal tersebut mungkin menyimbolkan besarnya ambisi Google dan meningkatnya
dampak yang ditimbulkan oleh pasar yang dinamis dan pemasaran. Pada tahun
1995, Larry Page dan Sergey Brin menciptakan sesuatu di kamar tidur mereka di
Universitas Stanford. Sesuatu yang dalam kurun waktu lima tahun sudah dapat
berurusan dengan 100 macam pencarian di internet setiap hari, dan mereka
menjadi miliarder dalam waktu kurang dari satu dekade. Google memiliki
visi yang sederhana, untuk menjadi 'mesin pencari yang sempurna' atau, seperti
yang dikatakan oleh Page, "Sesuatu yang mengerti apa yang Anda inginkan,
dan memberikan informasi sesuai dengan yang Anda harapkan." Kini, dengan memiliki
lebih dari 80 juta pemakai, yang melakukan pencarian di antara lebih dari
delapan triliun situs, Google menjadi lebih mapan, dan menjadi leader di dunia
search engine.
|
Google |
Tentu
saja, hampir semua 'pemasaran' saat ini mulai dengan "sebuah Google":
buku-buku teks tidak mengikutsertakannya dalam teori mereka tentang alur
komunikasi, dan beberapa agensi iklan berani mengakuinya, tetapi hal tersebut
benar-benar mewakili kendali atas konsumen, transaksi yang dipicu oleh
pelanggan itu sendiri, dan kekuatan yang kini beralih ke pihak pelanggan di
dunia yang kompleks saat ini.
Kesadaran
akan sebuah merek dicapai dengan cara melalui mulut ke mulut dan dampak
menyebar seperti virus melalui click-click yang dilakukan antara situs yang
satu ke situs yang lain, revenue pun dapat diperoleh dengan cara menggunakan
para pengiklan untuk menarget pengguna-pengguna online melalui cara-cara yang
efisien dan canggih. Google berargumentasi bahwa hal ini membuat
periklanan menguntungkan bagi kedua belah pihak, baik pihak pelanggan maupun
pihak pengiklan yang memasang iklan tersebut. Mereka percaya para pelanggan
harus tahu dan melihat iklan tersebut apabila pengiklan sudah membayar mahal
untuk memasang iklan di depan mata para pelanggan. Jadi, mereka mencari cara
untuk membedakan iklan agar terlihat menonjol di antara hasil-hasil pencarian
yang muncul dari halaman situs-situs lainnya. Tentu saja, Google tidak menjual
penempatan konten-konten pada hasil pencarian sendiri, ataupun mengizinkan
orang membayar lebih agar mendapatkan ranking lebih tinggi di sana.
Ribuan
pengiklan menggunakan Google AdWords untuk mempromosikan produk dan jasa mereka
lewat internet dengan target yang spesifik, dan merupakan program yang
terbesar. Sebagai tambahan, ribuan manajer website mengambil keuntungan dari
program Google AdSense untuk beriklan dengan konten yang relevan dengan situs
mereka. Hal tersebut juga mengembangkan kemampuan mereka untuk meningkatkan
pendapatan dan meningkatkan pengalaman pelanggan mereka. The basic ranking
system (sistem peringkat dasar) adalah sebuah model dari demokrasi
pelanggan--peringkat pencarian menentukan seberapa populer situs-situs yang
ada, yang dibantu juga dengan situs-situs lain yang saling terhubung satu sama
lain dan mendukung sistem jaringan yang lebih terbuka.
Google
tetap kuat bertahan di dunia yang kompleks dengan berpegang pada filosofinya
yang dibangun menurut "sepuluh prinsip". Sementara kepercayaan diri
mereka telah banyak mengalami tantangan--tidak hanya di pasar yang banyak
mengalami gangguan, tetapi juga seperti contoh pada waktu 2004 Nasdaq
flotation, ketika Google memaksa para investor supaya tidak memperlakukan
mereka seperti perusahaan normal pada umumnya--keyakinan mereka merupakan
pedoman kokoh yang memungkinkan mereka tetap fleksibel sembari tetap menuju ke
arah yang benar.
2.2. Sepuluh Prinsip google
1.
Tetap fokus kepada konsumen, dan yang lainnya akan mengikuti. Sementara
perusahaan lain mengakui bahwa mereka menempatkan konsumen pada urutan pertama,
hanya sedikit dari mereka yang mampu menahan godaan membuat pengorbanan kecil
untuk meningkatkan nilai saham perusahaan.
2.
Lebih baik melakukan satu hal dengan sebaik-baiknya. Google hanya melakukan
pencarian (search). Google tidak melakukan horoskop, nasihat keuangan, atau
chatting. semua staf yang ada seluruhnya didedikasikan untuk menciptakan search
engine atau mesin pencari yang sempurna.
3.
Cepat lebih baik daripada lambat. Google percaya pada kepuasan yang instan.
Anda membutuhkan jawaban atau informasi, dan Anda membutuhkannya sekarang juga.
Tidak diragukan lagi.
4.
Demokrasi bekerja di internet. Google berhasil bekerja karena ia bergantung
pada jutaan situs-situs individual yang di-posting untuk menentukan situs-situs
mana yang menawarkan konten yang bermutu ..
.
5.
Anda tidak perlu harus berada di meja Anda sendiri apabila sedang memerlukan
jawaban. Dunia ini menjadi semakin mobile dan tidak zamannya lagi terikat di
satu tempat saja ... Melalui PDA, mobile phones, atau di dalam mobil mereka.
6.
Anda dapat menghasilkan uang tanpa harus berbuat jahat. Google adalah sebuah
bisnis. Pendapatan dan keuntungan mereka didapat dengan menawarkan teknologi
pencarian (search) mereka ke perusahaan-perusahaan dan dari pemasangan
iklan-iklan .
7.
Akan selalu ada informasi lebih di luar sana. Setelah kita mencari lebih banyak
halaman situs dari fasilitas pencarian yang lain, kita memfokuskan diri pada
informasi yang tidak tersedia secara langsung, seperti gambar-gambar atau
file-file PDF.
8.
Kebutuhan akan informasi telah melewati semua batasan yang ada. Google telah
memfasilitasi akses untuk informasi ke seluruh dunia ... Interface-nya dapat
dikustomisasi menjadi kira-kira sebanyak 100 macam bahasa.
9.
Anda dapat menjadi serius tanpa pakaian formal. Pendiri-pendiri kami ingin menciptakan
perusahaan yang tidak terlalu serius pada hal-hal lain, kecuali pada pencarian
(search) ... Pekerjaan haruslah menantang, dan pekerjaan juga haruslah
menyenangkan.
10.
Great, tidaklah cukup baik. Selalu harus memberi lebih dari yang diharapkan.
Melalui inovasi, kita mengambil sesuatu yang berjalan baik dan mengembangkannya
dengan cara-cara yang tidak terduga.
Google
Tampilan
Google pada tahun 1998.
Google
Inc. (NASDAQ: GOOG dan LSE: GGEA) merupakan sebuah perusahaan publik Amerika
Serikat, berperan dalam pencarian Internet dan iklan online. Perusahaan ini
berbasis di Mountain View, California, dan memiliki karyawan berjumlah 19.604
orang (30 Juni 2008)[5][6] Filosofi Google meliputi slogan seperti "Don't
be evil", dan "Kerja harusnya menantang dan tantangan itu harusnya
menyenangkan", menggambarkan budaya perusahaan yang santai. Google
didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin ketika mereka masih mahasiswa di
Universitas Stanford dan perusahaan ini merupakan perusahaan saham pribadi pada
7 September 1998. Penawaran umum perdananya dimulai pada tanggal 19 Agustus
2004, mengumpulkan dana $1,67 milyar, menjadikannya bernilai $23 milyar.
Melalui berbagai jenis pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra,
perusahaan ini telah memperluas bisnis pencarian dan iklan awalnya hingga ke
area lainnya, termasuk email berbasis web, pemetaan online, produktivitas
perusahaan, dan bertukar video.
•
Produk
Artikel
utama untuk bagian ini adalah: Daftar produk Google Antarmuka Gmail,
layanan surat elektronik Google, dalam bahasa Indonesia. Google telah
membuat layanan dan peralatan untuk lingkungan bisnis dan masyarakat; termasuk
aplikasi web, jaringan periklanan dan solusi bagi bisnis.
• Periklanan
Kebanyakan
dari pendapatan Google berasal dari program periklanan. Untuk keuangan tahun
2006, perusahaan ini dilaporkan mendapat jumlah keuntungan periklanan sebesar
$10,492 milyar dan hanya $112 juta pada pendapatan lisensi dan lainnya. Google
AdWords membolehkan pengiklan web menampilkan iklannya dalam hasil pencarian
Google dan Google Content Network, melalui sebuah sistem bayar-per-klik atau
bayar-per-lihat. Pemilik website Google AdSense juga dapat menampilkan iklannya
di situs mereka sendiri, dan mendapat untung setiap kali iklan diklik.
• Aplikasi
Google
dikenal luas karena layanan pencarian webnya, yang mana merupakan sebuah faktor
besar dari kesuksesan perusahaan ini. Pada Agustus 2007, Google merupakan mesin
pencari di web yang paling sering digunakan dengan saham pasaran sebanyak
53,6%, kemudian Yahoo! (19,9%) dan Live Search (12,9%).[8] Google memiliki
milyaran halaman web, sehingga pengguna dapat mencari informasi yang mereka
inginkan, melalui penggunaan kata kunci dan operator. Google juga telah
menggunakan teknologi Pencarian Web pada layanan pencarian lainnya, termasuk,
Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search,
arsip Usenet interaktif Google Groups, Google Maps dan lainnya. Tahun
2004, Google meluncurkan layanan email berbasis web gratisnya, disebut sebagai
Gmail. Gmail memiliki fitur teknologi penyaringan spam dan kemampuan untuk
menggunakan teknologi Google untuk mencari surel. Layanan ini mendatangkan
keuntungan dengan menampilkan iklan dari layanan AdWords yang dimasukkan dalam
isi pesan email yang ditampilkan di layar.
Pada
awal 2006, perusahaan ini meluncurkan Google Video, yang tidak hanya
membolehkan pengguna untuk mencari dan melihat video secara gratis, tetapi juga
membolehkan pengguna dan penyebar media menyebarkan isinya, termasuk
acara-acara televisi CBS, pertandingan basket NBA, dan video musik. Bulan
Agustus 2007, Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan program
penyewaan dan penjualan videonya dan menawarkan pengembalian uang dan kredit
Google Checkout bagi pengguna yang telah membeli video untuk
sendiri. Google juga telah membuat beberapa aplikasi desktop, termasuk
Google Earth, sebuah program pemetaan interaktif yang disediakan oleh satelit
dan fotografi udara yang mencakup keseluruhan planet Bumi. Google Earth
dianggap sangat akurat dan lebih mendetil. Beberapa kota besar memiliki gambar
jelas yang dapat dibesarkan sedekat-dekatnya untuk melihat kendaraan dan
pejalan kaki dengan jelas. Akibatnya, terdapat beberapa alasan mengenai
keterlibatan dalam keamanan nasional. Secara spesifik, beberapa negara dan
militer beranggapan perangkat lunak ini dapat digunakan untuk melihat dengan
kejelasan dekat-jelas lokasi fisik infrastruktur yang rusak, bangunan komersial
dan penghunian, pangkalan, agensi pemerintah, dan lainnya. Bagaimanapun, gambar
satelit jarang diperbarui, dan semuanya tersedia gratis melalui produk lainnya
dan bahkan sumber pemerintah (NASA dan National Geospatial-Intelligence Agency,
sebagai contoh). Beberapa orang menilai argumen ini dengan menyatakan bahwa
Google Earth mudah diakses juga saat mencari lokasi.
Beberapa
produk lainnya tersedia melalui Google Labs, yang mana merupakan sebuah koleksi
aplikasi yang belum selesai dan masih dalam tahap ujicoba agar dapat digunakan
publik. Google telah mempromosikan produk mereka dalam berbagai cara. Di
London, Google Space didirikan di Bandar Udara Heathrow, menampilkan berbagai
produk, termasuk Gmail, Google Earth dan Picasa. Juga, sebuah halaman yang sama
diluncurkan untuk mahasiswa Amerika, dibawah nama
•
College Life, Powered by Google.
Tahun
2007, beberapa laporan menyatakan bahwa Google merencanakan peluncuran telepon
genggam milik mereka, kemungkinan sebuah pesaing bagi iPhone Apple. Pada 5
November 2007, Google akhirnya mengumumkan Android, sebuah platform perangkat
lunak dan sistem operasi bagi perangkat bergerak yang didukung Open Handset
Alliance, sebuah konsorsium yang terdiri dari 34 perusahaan perangkat lunak,
perangkat keras, dan telekomunikasi yang bertujuan mengembangkan standar
terbuka bagi perangkat bergerak. Pada bulan September 2008, T-Mobile merilis
ponsel pertama yang berjalan pada platform Android, yakni G1. Bulan
Oktober 2007, layanan Google SMS diluncurkan di India dan membolehkan pengguna
memperoleh daftar bisnis, jadwal pemutaran film dan informasi dengan mengirim
pesan singkat.
Google
juga meluncurkan Google Chrome yaitu sebuah browser. Browser ini cukup cepat
dan tampilannya minimalis.
•
Produk turunan
Tahun
2007, Google meluncurkan Google Apps Premier Edition, sebuah versi lain Google
Apps yang difokuskan terutama pada pengguna bisnis. Produk ini memiliki
beberapa tambahan seperti ruang disk lebih banyak untuk e-mail, akses API, dan
penyokong utama, dengan harga USD50 per pengguna per tahun. Sebuah pertemuan besar
Google Apps dengan 38.000 pengguna dilaksanakan di Universitas Lakehead di
Thunder Bay, Ontario, Kanada. Pada 13 Desember 2007, Google mengumumkan
peluncuran terbatas Knol, sebuah situs web yang ditujukan sebagai sumber
referensi pengetahuan. Knol dibuka bebas kepada semua pengguna pada 23 Juli
2008.
•
Platform
Layanan
Google berjalan pada beberapa ladang server, setiap ladang berisi ribuan
komputer komoditas bertarif rendah yang menjalankan versi Linux. Sementara
perusahaan ini tidak menyediakan informasi mendetil mengenai perangkat
kerasnya, sebuah perhitungan tahun 2006 menyatakan bahwa terdapat 450.000
server, dikelompokkan dan diletakkan di pusat data di seluruh dunia.
•
Kebiasaan dan budaya perusahaan
Google
dikenal dengan etos kerjanya yang santai, yang mengingatkan kepada musim
Dot-com. Bulan Januari 2007, budaya Google tersebut dipelajari oleh Fortune
Magazine dan menempati urutan #1 (dari 100) perusahaan terbaik untuk bekerja.
Filosofi perusahaan ini didasarkan pada berbagai prinsip biasa seperti,
"Anda dapat menghasilkan uang tanpa melakukan vandal", "Anda
dapat bekerja serius tanpa mengenakan seragam," dan "Bekerja harusnya
menantang dan tantangan itu harusnya menyenangkan." Sebuah daftar lengkap
fundamental perusahaan tersedia di website-nya. Budaya bekerja santai Google
dapat dilihat dari logo Google-nya yang bervariasi pada hari-hari
penting. Google telah dikritik karena melakukan penggajian di bawah
standar industri. Contohnya, beberapa administrator sistem digaji kurang dari
$35.000 per tahun – dianggap kurang untuk pasaran kerja Bay Area. Bagaimanapun,
performa saham Google setelah IPO telah membolehkan banyak karyawan awal diberi
ganti rugi dengan berpartisipasi dalam pertumbuhan kekayaan perusahaan. Google
mengimplementasikan insentif karyawan lainnya tahun 2005, seperti Google
Founders' Award, dengan tambahan untuk memberikan gaji besar kepada karyawan
baru. Kenyamanan, budaya, popularitas global, dan penghargaan terhadap merek
kuatnya juga telah menarik banyak pelamar kerja yang berpotensi.
Setelah
IPO pada Agustus 2004, dilaporkan bahwa pendiri Sergey Brin dan Larry Page, dan
CEO Eric Schmidt, meminta bahwa gaji mereka dipotong menjadi $1. Penawaran yang
akan datang oleh perusahaan untuk meningkatkan gaji mereka telah dibatalkan,
terutama karena, "ganti rugi utama mereka akan datang dari pengembalian
kepemilikan saham di Google. Sebagai pemegang saham signifikan, kekayaan
masing-masing dikaitkan secara langsung untuk menyeimbangkan performa dan
apresiasi harga saham, yang menyediakan persilangan langsung dengan
ketertarikan pemegang saham." Tahun 2004, Schmidt digaji $250.000 per
tahun, dan Page dan Brin masing-masing digasji $150.000.
Mereka
semua telah menolak penawaran bonus dan peningkatan ganti rugi oleh dewan
direktur Google. Pada laporan orang terkaya Amerika Serikat tahun 2007, Forbes
melaporkan bahwa Sergey Brin dan Larry Page menempati urutan #5 dengan kekayaan
$18,5 milyar masing-masing.
Googleplex
Sambil
bermain-main dengan nama Google, kantornya, di Mountain View, California,
diberi nama "Googleplex" — sebuah googolplex yaitu 1 diikuti seratus
nol, dan kantor tersebut menjadi sebuah komplek bangunan (semacam multiplex,
cineplex, dll). Lobinya didekorasi dengan piano, lampu lava, kumpulan server
lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorongnya penuh dengan bola dan
sepeda latihan. Setiap karyawan memiliki akses menuju pusat hiburan kantor.
Kebutuhan yang disediakan tersebar di seluruh kampus dan termasuk sebuah
gimnasium dengan alat-alat olahraga, ruang loker, kamar mandi, ruang pijat,
permainan video, Foosball, anak piano besar, meja bilyar, dan ping pong. Dengan
tambahan menuju ruang rekreasi, terdapat ruang makan terisi berbagai sereal,
permen beruang, gula-gula, permen hitam, kacang mede, yogurt, wortel,
buah-buahan segar, dan lusinan minuman seperti jus segar, soda, dan cappuccino
buatan sendiri.
•
Papan letak di Googleplex
Tahun
2006, Google berpindah ke perkantoran seluas 28.900 m² di New York City,
tepatnya 111 Eighth Ave. di Manhattan Kantor tersebut dirancang dan dibangun
khusus untuk Google dan merumahkan tim penjualan iklan terbesarnya yang telah
berperan dalam menjaga kerjasama besar, terutama dengan MySpace dan AOL. Tahun
2003, mereka menambah seorang petugas pengembangan di New York City, yang telah
bertanggung jawab untuk lebih dari 100 proyek pengembangan, termasuk Google
Maps, Google Spreadsheet, dan lainnya. Diperkirakan bahwa bangunan tersebut
menguras biaya $10 juta per tahun untuk sewa dan bentuk juga fungsinya sama
dengan kantor di Mountain View, termasuk Foosball, hoki udara, dan meja
ping-pong, juga area permainan video.[27] Pada tahun 2006, Google juga
meresmikan kantor baru untuk divisi AdWords-nya di Ann Arbor, Michigan.
Ukuran
sistem pencarian Google belum diketahui; perkiraan jumlah server perusahaan
adalah 450.000, yang tersebar di 25 lokasi di seluruh dunia, termasuk pusat
operasi besar di Irlandia dan Atlanta, Georgia. Google juga sedang dalam proses
pembangunan pusat operasi besar di The Dalles, Oregon, di tepi Sungai Columbia.
Situs tersebut, disebut media sebagai Project 02, dipilih karena ketersediaan
tenaga hidroelektrik dan stok kabel fiber optik besar, yang ditinggalkan sejak
musim dot com pada tahun 1990-an. Pusat komputasi ini diperkirakan seluas dua
lapangan sepak bola, dan telah menghasilkan ratusan lapangan kerja konstruksi,
mengakibatkan harga real estat lokal meningkat 40%. Setelah selesai, bangunan
ini akan menghasilkan 60 hingga 200 lapangan kerja permanen di kota berpenduduk
12.000 orang itu. Google juga membuat langkah untuk menjamin operasi
mereka ramah lingkungan. Bulan Oktober 2006, perusahaan ini mengumumkan rencana
untuk memasang ribuan panel solar untuk menyediakan 1,6 megawatt listrik, cukup
untuk memenuhi 30% kebutuhan energi kampus. Sistem ini akan menjadi sistem tenaga
solar terbesar di kampus perusahaan AS dan salah satu yang terbesar di dunia.
Bulan Juni 2007, Google mengumumkan bahwa mereka berencana untuk berstatus
bebas karbon pada 2008, yang mencakup berinvestasi pada efisiensi energi,
sumber energi yang diperbarui, dan tidak menggunakan karbon, seperti
berinvestasi di proyek seperti mengumpulkan dan membakar metana dari kotoran
hewan di pertanian-pertanian Meksiko dan Brazil. "Dua puluh
persen" waktu Semua pengembang Google menyisakan 20% waktu kerja mereka
(sehari per minggu) pada proyek yang menarik mereka. Beberapa layanan baru
Google, seperti Gmail, Google News, Orkut, dan AdSense berasal dari para
pengembang independen ini. Dalam pembicaraan di Universitas Stanford, Marissa
Mayer, Wakil Presiden Google untuk Produk Pencarian dan Kepuasan Pengguna,
menyatakan bahwa analisisnya menunjukkan bahwa setengah dari produk baru yang
diluncurkan berasal dari 20% waktu tersebut.
Telur
paskah dan lawakan Hari April Mop Google memiliki sebuah tradisi untuk membuat
lawakan Hari April Mop — seperti Google MentalPlex, yang memiliki fitur
penggunaan kekuatan mental untuk mencari web. Tahun 2002, mereka mengklaim
bahwa merpati merupakan rahasia di belakang mesin pencarinya yang berkembang
itu. Tahun 2004, mereka meluncurkan Google Lunar (yang diklaim untuk
menghasilkan lowongan pekerjaan di bulan), dan tahun 2005, sebuah minuman fiksi
perangsang otak, bernama Google Gulp diluncurkan. Tahun 2006, mereka datang
dengan Google Romance, sebuah layanan kencan online. Tahun 2007, Google
mengumumkan dua produk lawakan. Pertama adalah sebuah layanan Internet nirkabel
gratis disebut TiSP (Toilet Internet Service Provider) dimana seseorang
memperoleh koneksi dengan menyiram ujung kabel fiber optik ke toilet mereka dan
menunggu sekitar sejam untuk "Plumbing Hardware Dispatcher (PHD)"
untuk menghubungkannya dengan Internet. Tambahannya, halaman Gmail Google
menampilkan pengumuman untuk Gmail Paper, yang membolehkan pengguna layanan
email gratis mereka tersebut mendapat pesan email-nya diterbitkan dan dikirim
menuju alamat surat yang dituju. Beberapa orang mengira pengumuman Gmail
tahun 2004 sekitar Hari April Mop (juga penggandaan ruang penyimpanan Gmail
menjadi dua gigabita pada 2005) bohong, meskipun keduanya berubah menjadi
pengumuman asli. Tahun 2005, sebuah grafik bohong menyatakan keberhasilan
Google untuk penyimpanan "tidak terbatas plus satu" GB ditampilkan
dalam homepage Gmail.
Layanan
Google berisi sejumlah telur Paskah; contohnya, halaman Peralatan Bahasa
menawarkan pencarian dengan bahasa "Bork bork bork" dari Koki Swedia,
"Hacker" (sebenarnya leet) dari Pig Latin, Elmer Fudd, dan
Klingon.[41] Dengan tambahan, kalkulator mesin pencari ini menyediakan Answer
to Life, the Universe, and Everything dari The Hitchhiker Guide to the Galaxy
oleh Douglas Adams. Sementara kotak pencarian Google dapat digunakan sebagai
penukar satuan (juga sebagai kalkulator), beberapa satuan non-standar juga
dimasukkan, seperti Smoot. Google juga secara rutin merubah logonya dengan
berbagai variasi liburan atau hari khusus sepanjang tahun, seperti Natal, Hari
Ibu, atau ulang tahun sejumlah orang terkenal.
IPO
dan budaya
Banyak
orang berspekulasi bahwa IPO Google dapat mempengaruhi budaya perusahaan,[44]
karena tekanan pemegang saham untuk pengurangan keuntungan karyawan dan
jangka-pendek, atau karena jumlah karyawan perusahaan yang besar dapat menjadi
milyuner mendadak. Salam sebuah laporan yang diberikan kepada investor
berpotensi, pendiri Sergey Brin dan Larry Page berjanji bahwa IPO tersebut
tidak akan merubah budaya perusahaan. Kemudian Page berkata, "Kami
berpikir mengenai bagaimana mempertahankan budaya dan elemen menyenangkan kami.
Kami membuang banyak waktu untuk membetulkan kantor kami. Kami berpikir penting
untuk memiliki banyak karyawan. Orang-orang dikumpulkan bersama di mana-mana.
Kami semua berbagi kantor. Kami menyukai kumpulan bangunan ini karena terlihat
seperti kampus universitas yang disatukan daripada sebuah taman perkantoran
pinggiran kota biasa."
Bagaimanapun,
beberapa penganalis menemukan bahwa seiring Google tumbuh, perusahaan ini makin
menjadi "korporat". Tahun 2005, artikel di The New York Times dan
sumber lainnya menyatakan bahwa Google telah kehilangan anti-korporatnya, tanpa
filosofi asal. Dengan maksud untuk memepertahankan budaya unik perusahaan,
Google telah menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada 2006, yang juga
melayani sebagai Direktur Sumber Daya Manusia. Kerja Chief Culture Officer
adalah untuk membangun dan mempertahankan budaya dan kerja pada jalan yang
benar menuju hasil inti bahwa perusahaan ini didirikan pada awalnya — sebuah
perusahaan kecil, langkanya hirarki, sebuah lingkungan yang kolaboratif.
BAB III
PENUTUP
3.1
Kesimpulan
Semoga
makalah ini dapat menggerakkan manusia Indonesia untuk lebih berkarya dan
berinovasi sesuai dengan karakteristik masyarakat Indonesia sehingga mampu
meningkatkan image bangsa di mata bangsa di dunia