3.1 Mengevaluasi perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap kehidupan
politik dan ekonomi global
3.2 Mengevaluasi sejarah organisasi global dan regional diantaranya: GNB,
ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
3.3 Mengevaluasi sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta
Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid
di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan
sosial dan politik global.
4.1
Membuat kliping tentang perkembangan dan dampak Perang
Dingin terhadap kehidupan politik dan ekonomi global.
4.2
Membuat kliping tentang sejarah organisasi global dan
regional diantaranya: GNB, ASEAN, OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan
CAFTA.
4.3 Merekonstruksi salah satu peristiwa sejarah kontemporer dunia seperti
runtuhnya Pakta Warsawa, Uni Soviet,
Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid di Afrika Selatan,
Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan sosial dan politik
global, dalam bentuk tulisan atau media lain.
|
Dunia
pada Masa Perang Dingin dan Perubahan Politik Global
·
Perkembangan dan dampak Perang Dingin terhadap
kehidupan politik dan ekonomi global
·
Organisasi global dan regional diantaranya: GNB, ASEAN,
OKI, APEC, OPEC, MEE, GATT, WTO, NAFTA dan CAFTA
·
Sejarah kontemporer dunia antara lain runtuhnya Pakta
Warsawa, Uni Soviet, Jerman Bersatu, Konflik Kamboja, Perang Teluk, Apartheid
di Afrika Selatan, Konflik Yugoslavia dan terorisme dunia bagi kehidupan
sosial dan politik global.
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks mengenai Perang Dingin, organisasi
global - regional dan sejarah kontemporer dunia.
Menanya:
·
Menanya untuk
mendapatkan klarifikasi, pendalaman dan perluasan pemahaman mengenai Perang
Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer dunia.
Mengeksplorasikan:
·
Mengumpulkan informasidan data terkait dengan pertanyaan
mengenai Perang Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer
dunia, melalui bacaan, media dan sumber-sumber lain yang terkait.
Mengasosiasi:
·
Mengevaluasi untuk mendapatkan kesimpulantentang Perang
Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer dunia, melalui
bacaan, media dan sumber-sumber lain yang terkait.
Mengomunikasikan:
·
Membuat kliping tentang Perang Dingin dan organisasi
global-regional dan tulisan hasil rekonstruksi tentang sejarah kontemporer
dunia.
|
Tugas:
Membuat
kliping tentang Perang Dingin, organisasi global - regional dan tulisan hasil
rekonstruksi tentang sejarah kontemporer dunia. Peserta didik memilih salah
satu peristiwa sejarah
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai kliping karya siswa tentang Perang Dingin dan
organisasi global-regional dan tulisan hasil rekonstruksi tentang sejarah
kontemporer dunia.
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi materi
tentang Perang Dingin, organisasi global-regional dan sejarah kontemporer
dunia.
|
40 jp
|
· Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
· Buku-buku lainnya
· Gambar-gambar tentang kegiatan organisasi regional dan dunia
· Peta Dunia
|
3.4 Mengevaluasi kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan
militer pada awal kemerdekaan sampai dengan tahun 1950.
3.5 Mengevaluasi secara kritis
peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada
awal-awal kemerdekaan.
3.6 Mengevaluasi secara kritis hubungan kausalitas kebijakan politik dan
pemberontakan antara tahun 1948 –
1965.
4.4
Menyajikan informasi dalam bentuk tulisan tentang
kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan militer pada awal
kemerdekaan sampai dengan tahun 1950.
4.5
Merekonstruksi peristiwa revolusi nasional dan sosial
yang terjadi pada awal-awal kemerdekaan dan menyajikan dalam bentuk tulisan.
4.6
Merekonstruksi hubungan kausalitas secara kritis
hubungan antara kebijakan politik dan pemberontakan antara tahun 1948 – 1965,
dalam bentuk tulisan.
|
Perjuangan Mempertahankan Integritas Negara Kesatuan Republik Indonesia
· Kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi, politik dan
militer pada awal kemerdekaan sampai 1950.
· Peristiwa revolusi nasional dan sosial yang terjadi pada awal
kemerdekaan.
· Hubungan kausalitas kebijakan
politik dan pemberontakan antara tahun
1948 – 1965.
|
Mengamati:
· Membaca buku teks dan melihat foto serta gambar berkaitan dengan
kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan
serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan di
sekitar tahun 1948-1965.
Menanya:
· Menanya untuk mendapatkan
klarifikasidan pendalamam pemahaman tentang kebijakan pemerintah, revolusi
nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara
kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.
Mengeksplorasi:
· Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan kebijakan pemerintah,
revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita
antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965, melalui bacaan,
media gambar dan sumber-sumber lain yang mendukung.
Mengasosiasi:
· Mengevaluasi informasi dan data-data yang didapat untuk mendapatkan
rekonstruksi dan tulisan tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan
sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan
politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.
Mengomunikasikan:
· Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang kebijakan
pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan serta hubungan
kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun 1948-1965.
|
Tugas:
Membuat rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang
kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan
serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun
1948-1965. Peserta didik boleh memilih salah satu peristiwa sejarah yang
tercakup dalam materi pokok.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang
kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal kemerdekaan
serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan pemberontakan tahun
1948-1965.
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi
materi tentang kebijakan pemerintah, revolusi nasional dan sosial pada awal
kemerdekaan serta hubungan kausalita antara kebijakan politik dan
pemberontakan tahun 1948-1965.
|
24 jp
|
· Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
· Buku-buku lainnya
· Gambar-gambar peristiwa PKI Madiun
1948, DI/TII, APRA, Andi Aziz, RMS, PRRI/Permesta, G-30-S/PKI
· Peta Indonesia
· Media/sumber lain yang tersedia
|
3.7 Mengevaluasi pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap
kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa
Indonesia
4.7
Merekonstruksi perkembangan politik, ekonomi, sosial
budaya dan pendidikan pada masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin,
menyajikan dalam bentuk tulisan.
|
Indonesia
pada Masa Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
·
Pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
terhadap kehidupan politik, ekonomi,
sosial, budaya dan pendidikan bangsa
Indonesia
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks dan melihat foto serta gambar
kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia
pada zaman Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin.
Menanya:
·
Menanya untuk mendapatkan klarifikasidan pendalaman
pemahaman tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
terhadap kehidupan politik, ekonomi,
sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia
Mengeksplorasi:
·
Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan pengaruh
Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik,
ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia, melalui bacaan,
media gambar dan sumber-sumber lain yang mendukung.
Mengasosiasi:
·
Mengevaluasi informasi dan data yang didapat untuk
membuat rekonstruksi dan tulisan
tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya
dan pendidikan bangsa Indonesia
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan
tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan
politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia
|
Tugas:
Membuat
rekonstruksi dalam bentuk tulisan
tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin
terhadap kehidupan politik, ekonomi,
sosial, budaya dan pendidikan bangsa
Indonesia. Peserta didik boleh memilih salah satu peristiwa sejarah dalam
kajian ini Materi Pokok ini.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
laporan tertulis hasil rekonstruksi
tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya
dan pendidikan bangsa Indonesia
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi tentang pengaruh Demokrasi Liberal dan
Demokrasi Terpimpin terhadap kehidupan
politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan bangsa Indonesia sebagaimana yang terdapat
dalam buku teks pelajaran.
|
24 jp
|
· Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
· Buku-buku lainnya
· Gambar-gambar dan foto-foto
|
3.8 Mengevaluasi perkembangan politik,
ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi
4.8 Merekonstruksi perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan
pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi, menyajikan dalam bentuk
tulisan.
|
Kehidupan
Bangsa Indonesia pada Masa Orde Baru dan Reformasi
·
Perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan
pendidikan pada masa Orde Baru.
·
Perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan
pendidikan pada masa Reformasi
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks dan melihat foto seerta gambar
kehidupan politik, ekonomi, sosial, budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru
dan Reformasi.
Menanya:
·
Menanya untuk mendapatkan klarifikasidan pendalaman
pemahaman mengenai perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan
pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.
Mengeksplorasi:
·
Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan
perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi, melalui
bacaan, media gambar dan sumber-sumber lainnya yang mendukung.
Mengasosiasi:
·
Mengevaluasi informasi dan data yang didapat untuk
membuat rekonstruksi dan tulisan tentang perkembangan politik, ekonomi,
sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan
tentang perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa
Orde Baru dan Reformasi.
|
Tugas:
Membuat
rekonstruksi dalam bentuk tulisan tentang perkembangan politik, ekonomi,
sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
pengumpulan data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai
laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang perkembangan politik, ekonomi,
sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde Baru dan Reformasi.
Tes:
Menilai
kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi cerita sejarah tentang
perkembangan politik, ekonomi, sosial budaya dan pendidikan pada masa Orde
Baru dan Reformasi yang terdapat pada buku teks pelajaran.
|
24 jp
|
· Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
· Buku-buku lainnya
· Gambar-gambar tentang perkembangan politik, ekonomi keuangan, sosial
budaya pada masa Orde Baru dan awal Reformasi
· Peta Indonesia
|
3.9 Mengevaluasi perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya bagi
kehidupan manusia.
3.10
Mengevaluasi perkembangan Revolusi
Hijau di Indonesia
4.9
Membuat rekonstruksi sejarah tentang perkembangan IPTEK
dalam era globalisasi dan dampaknya bagi kehidupan manusia, dalam bentuk
tulisan atau media lain.
4.10
Membuat rekonstruksi sejarah tentang perkembangan
Revolusi Hijau dan Lingkungan Hidup pada zaman Orde Baru dan Reformasi, dalam
bentuk tulisan atau media lain
|
Indonesia
dan Dunia pada Masa Revolusi Teknologi Abad ke 20
·
Perkembangan IPTEK dalam era globalisasi dan dampaknya
bagi kehidupan manusia.
·
Perkembangan Revolusi Hijau di Indonesia
|
Mengamati:
·
Membaca buku teks dan melihat foto serta-gambar tentang
perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi
kehidupan manusia.
Menanya:
·
Menanya untuk
mendapatkan klarifikasidan pendalaman pemahaman tentang perkembangan IPTEK
dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.
Mengeksplorasi:
·
Mengumpulkan informasi dan data terkait dengan
perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi
kehidupan manusia, melalui bacaan, media dan sumber-sumber lain yang
mendukung.
Mengasosiasi:
·
Mengevaluasi informasi dan data yang didapat untuk
membuat rekonstruksi dan tulisan tentang perkembangan IPTEK dalam era
globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia.
Mengomunikasikan:
·
Menyajikan hasil rekonstruksi dalam bentuk tulisan
tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan
dampaknya bagi kehidupan manusia.
|
Observasi:
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses pengumpulan
data, analisis data dan pembuatan laporan.
Portofolio:
Menilai laporan tertulis hasil rekonstruksi tentang
perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi hijau dan dampaknya bagi
kehidupan manusia.
Tes:
Menilai kemampuan peserta didik dalam mengevaluasi
cerita sejarah tentang perkembangan IPTEK dalam era globalisasi, revolusi
hijau dan dampaknya bagi kehidupan manusia yang terdapat pada buku teks
pelajaran.
Tugas:
Menerapkan
cara
berpikir
dan prosedur
penelitian sejarah
mengenai
perkembangan IPTEK dalam
era
globalisasi dan
dampaknya
bagi
kehidupan manusia.
|
16 jp
|
· Buku Teks Pelajaran Sejarah Kelas XII
· Buku-buku lainnya
· Gambar-gambar pemanfaatan IPTEK
· Peta Indonesia dan Dunia
|