Operator warnet merupakan salah satu kerjaan yang dekat akan
berbagai makian dan pujian. Tidak mudah menjadi operator warnet karena
setiap saat kalian harus siap menerima komplain dari user karena suatu
hal yang mungkin bukan menjadi salah kita. Operator warnet juga dituntut
menjadi pekerja yang profesional yang harus siap juga melayani user dan
menjadi teknisi untuk membetulkan segala sesuatu yang eror.
Sebagian besar mungkin meremehkan pekerjaan operator warnet.
Padahal disamping kerjaanyna yang duduk manis mengawasi layar monitor,
terdapat suka duka penjaga warnet yang tidak kita ketahui. So, apa aja
suka duka penjaga warnet yang tidak kita tahu?
Penulis mengambil judul diatas karena begitulah profesi penulis sebagai operator warnet..walaupun sebenarnya juga pemilik sih :v...bisa dibilang bos sekaligus kuli....-_-
Dimana-mana ,apapun pekerjaanya pasti ada suka dan duka dalam suatu pekerjaan
Berikut adalah
pengalamannya:
suka citanya menjadi operator warnet :
1. Tentu saja internetan gratis...ya iya lah ^_^
Ini hal pertama asiknya menjadi Operator warnet, kita bisa
sepanjang hari internetan gratis sesuka hati kita, Youtube, Facebook,
Twitter, ngeblog, dan masih banyak lagi, apa saja bebas kita jelajahi
atau bahkan mendownload film, menonton bioskop secara online juga bisa
kita lakukan, Udah bisa internetan gratis di bayar pula.. asik gak tuhh
2. Banyak belajar
Menjadi Operator warnet juga bisa mendapatkan banyak ilmu, baik ilmu yang positif atau yang negatif..( ngeres bae lah )...kita bisa dengan mudah mencari informasi apapaun dengan bertanya kepada mbahe ' google"..banyak juga anak sekolah yang minta tolong untuk mengerjakan tugasnya,,jadi kita bisa sambil belajar
3. Menambah teman dan pergaulan
Teman bisa dari pelanggan.Sederhananya, jika kita telah memiliki pelanggan tetap yang
sering main ke warnet kita, pastinya kita harus menjaga hubungan agar si
pelanggan tersebut secara berkelanjutan main ke tempat kita. Asal
pelayanan kita ramah sihh pasti akan banyak pengunjung yang datang,,teman dari dunia maya..facebook..twitter .instagtram / jejaring sosial lainnya
4. Bisa ngegame gratis (ini yang gua paling suka karena hobi)
Bagi orang yang menggilai game atau bisa juga di sebut gamers,
ini hal yang paling mengasikkan menjadi Op warnet, bisa ngegame gratis
tanpa harus mikirin biaya yang di keluarin untuk ngegame seharian
Duka menjadi operator warnet:
1. Gaji
. Ini adalah kesedihan pertama dari operator warnet. Rata-rata
operator mempunyai gaji dibawah UMR. Dengan berbagai fasilitas yang
ditawarkan warnet yang bisa kita gunakan (kompor, air minum, internet
gratis) gaji para operator warnet tergolong kecil dan pas-pasan. Untuk
bertahan hidup saja mereka sampai harus irit dan makan mie instant
ditempat kerja (cukup mengenaskan). Tapi gak papa lahh, asal d syukuri
ajaa…
2. User tak tahu diri
User memang merupakan raja.. Tapi jika menghadapi raja yang cerewet? hanya ada satu kata “Sabar”.. Yaaa, Harus sabar.
Sabar dalam menghadapi user yang cerewet, nyinyir, sok tahu, atau yang
kerjaannya complain mulukk. Hhhmmm.., bagi kamu yang pernah jadi
operator warnet, atau mungkin sekarang ini bekerja menjadi operator
warnet pasti tahu rasanya gimana. Nyebelin juga kadang-kadang.. :angry:
Apalagi jika user tersebut sampai tidak tahu diri. Udah tahu
internet komputer mati dari operator (bukan kemauan warnet) pastinya
operator yang disalahkan bahkan ada yang sampai memaki. Paling gak suka
kalau ada user yang sangat menyebalkan, apalagi kalau gak tau apa-apa
tentang teknologi tapi sok tau.. Tidak jarang hal ini membuat kita harus
sampai mengelus dada..
3. Ngantuk adalah musuh utama.
Ini dia musuh utama para operator warnet “NGANTUK”. Seharian
duduk mantengin layar komputer pasti buete abis dan yak mata mulai
menutup tik tok, dan… ngantuuk. Yang namanya mata kalo udah ngantuk,
pasti dalam pikiran kita yang ada hanya satu, yaitu membayangkan tubuh
ini berbaring di kasur yang mpuk. Waww, hal ini bagi saya merupakan hal
yang kadang-kadang terasa susah, apalagi kalau kerjanya shift malam…
Pintar-pintarlah mengatur kondisi badan kita. Tidur yang
cukup sebelum bekerja dan isilah kegiatan kalian dalam menjaga warnet
dengan kegiatan yang menyenangkan. Maka ngantuk ini akan selalu pergi
jauuh.
4. Bad Mood.
Rasa BT kadang-kadang sering datang begitu saja tanpa adanya
angin ataupun hujan. Apalagi kalau kita dalam kondisi yang kurang fit..
Jadi waktu-waktu yang dilewati terasa lambat banget.. Nunggu satu jam
aja rasanya kayak setaunn, Lebay dikit gak papa kali yaa..
5.menguasai diri dari ancaman ISP dan PLN
inilah yang paling ditakuti operator warnet...ISP ,tiba- koneksi LOLA....user berteriak "mas kok lola benget sih..gimana nih?...(pengen makan mouse )..blom lagi kalau pas listrik mati.....yahhh gimana nih mas..dokumen hasil ketikan belum disimpan (user mengeluh)... kpan nyala mas PLN nya...(gua ini op warnet bukan petugas PLN cok )
itulah suka duka menjadi operator warnet ynag penulis alami...mungkin ada temen temen seprofesi yang mau nambahi artikelnya....bisa saling sharing pengalaman ...^_^
note : beberapa percakapan user + op warnet
Clien : mas ini kok komputernya tidak nyala -nyala ?
OP : Tombol powernya sudah di pencet blom mbak?
Clien : Tombol power itu yang mana mas ?
OP : gubrak ( sambil nelen mouse )
C : mas bikinin fesbuk dong
O : email nya apa ?
C : Gak punya !! bikinin sekalian aja deh mas !!
o : Besok kesini lagi deh mbak, jgn lupa bawa KTP + KK + Akte Kelahiran
Clien : Mas Saya mao ngelamar kerjaan lewat internet.
Op : mas punya email ?
Clien : gak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang. minta di cariin aja sama yang jaga-nya.
Op : wah kalo gampang, saya gak kerja disini
C : mas, ada yang kosong gak?
O : Semua nya kosong. Lagi mati lampu soal nya.
C : oh.. Idup nya lagi kapan mas ?
O : Saya Op Warnet mbak. bukan petugas PLN -_-"
Client : Masssssssss, ini komputerna koq ga nyala2 sih?
OPerator : Tombol power di CPUna dah dipencet lom mba'?.. ups salah pak hehehe
Client : Tombol power itu yg mana ya, Mas?
OPerator : :gubrag:
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ
Client : Masssssssss, ini komputerna koq ga nyala2 sih?
OPerator : Tombol power di CPUna dah dipencet lom mba'?.. ups salah pak hehehe
Client : Tombol power itu yg mana ya, Mas?
OPerator : :gubrag:
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ
O = Operator
C = Client
C : Mas bikinin facebook dong
O : Email nya apa, mbak?
C : Nggak punya...!! Bikinin sekalian aja deh mas...!!
O : Besok kesini lagi deh mbak, jangan lupa bawa KTP + KK + Akte Kelahiran ya [sambil meneteskan air mata]
C : Mas, saya kok gak bisa buka facebook ya
O : Saya nggak tau. Password nya salah kali tuh, coba ketik ulang
C : Emang paspor facebook saya apa sih mas?
O : Nggak tau mbak. Coba aja tanya sama kedutaan, kali aja dia tau [sambil membenturkan kepala di meja OP]
C : Mas saya mau ngelamar kerjaan lewat internet
O : Mas punya email?
C : Nggak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang. Minta di cariin aja sama yang jaga-nya
O : Wah kalo' gampang, saya nggak kerja disini...!! [sambil minum kopi yang masih sangat panas]
C : Mas, saya ada tugas bikin artikel nih
O : Tentang apa?
C : Tentang tokoh pahlawan Indonesia
O : Cari aja di wikipedia.
C : Ah males mas, lagian saya nggak ngerti. Mas cariin yah, besok saya kesini lagi
O : Besok saya udah nggak kerja disini lagi...!! [sambil buru-buru ngetik surat resign]
C : Mas, kok saya upload foto lama bgt sih. LOLA nih internet nya
O : Emang berapa foto yang mau di upload?
C : Cuma 100 foto doang kok
O : [ambil kresek dan langsung muntah]
C : Mas mau maen internet dong
O : Waduh lagi penuh tuh dek warnet nya
C : Ada yang udah mau selesai nggak mas?
O : Emmm...coba aja adek tanyain satu satu client yang lagi nge-net [sambil meremas mouse]
C : Mas, ada yang kosong nggak?
O : Semua nya kosong. Kan lagi mati lampu
C : Oh...idup nya lagi kapan ya mas?
O : Saya OP warnet mbak. Bukan petugas PLN
[sambil masukin jari tangan ke stop kontak dan berharap listrik segera menyala]
C : Mas, saya mau pakek'in PASPOR di MIKROSKOP word saya dong
O : Nggak usah pake paspor mbak kalo mau pake' mikroskop mah. Emang nya mbak mao naek haji
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ
Suka Duka Seorang OP
Warnet
OP atau Operator di warnet adalah orang yang biasanya menjadi penjaga
warnet, duduk di depan monitor server, merangkap kasir, sekalian
melayani client [pengguna warnet]. Melayani dalam hal ini perlu
ditegaskan, bahwasannya hanya sebatas membantu client mengatasi
permasalahan-permasalahan seputar internet dan komputer yang bermasalah.
Tidak lebih...!! Jadi arti melayani di sini bukan berarti client bisa
seenaknya nyuruh-nyuruh OP warnet untuk melakukan hal-hal yang tidak
sepatutnyaa dilakukan oleh OP warnet, walaupun mengatas namakan
"Konsumen Adalah Raja". Semisal client minta dikipasi, minta dipijiti
[begh...nuwun sewu... sepurane yo... ora sudi...!! gundulmu, mbok pikir
aku jongosmu...!!] hahahaha....
Penulis mengangkat judul di atas, karena begitulah profesi sang penulis.
Ya...penulis adalah OP warnet di Funny Computer Bangsalsari Jember.
Walaupun sebenernya juga sebagai pemilik sih. Bisa di bilang penulis
adalah Bos sekaligus Jongos hahaha....
Dimana-mana dan apapun kerjaannya pasti ada suka dukanya, begitu juga
menjadi seorang OP warnet. Berikut penulis sampaikan beberapa suka duka
menjadi seorang OP warnet. Tulisan ini hanya sebatas pengalaman penulis
saja. Jadi mohon maaf kalo kurang berkenan di hati para pembaca
sekalian.
Suka citanya menjadi seorang OP warnet :
Bisa nge-net gratis sepuasnya [eh...nggak gratis juga ding,
masalahnya tiap bulan juga nyetor ke ISP buat bayar koneksi internetnya
hahahaha...]
Bisa banyak belajar. Semua ilmu yang ingin dicari, entah itu ilmu
positif atau ilmu negatif, ya internet lah tempatnya.
Menambah banyak teman. Teman bisa dari client yang menjadi langganan
atau pun teman dari dunia maya, melalui situs jejaring sosial atau
melalui aplikasi chat yang lain.
Kalo pengunjung banyak dan usaha lancar, ya Alhamdulillah rejeki
juga lancar [lumayan bisa buat bayar kredit sepeda hahaha...]
Duka derita menjadi seorang OP warnet :
Harus sabar. Apalagi kalo menghadapi client yang cerewet plus
ngeyel. Begh....ampun dah, kesabaran bener-bener diuji, jangan sampai
kalap lah pokoknya. Walau dari hati kecil sebenernya pengen banget nabok
tuh client.
Melawan rasa bad mood. Rasa ini sebenernya bisa menyerang siapa saja
dan apapun pekerjaannya. Kalo' udah bad mood emang susah, mau
ngapa-ngapain males. Tapi seorang OP warnet dituntut untuk mengatasi hal
ini, apalagi saat membantu client yang ada masalah dalam ber-internet
ria. Walau bad mood harus tetap dikerjakan.
Harus betah melek. Ya...seorang OP warnet memang dituntut untuk
melawan rasa kantuk, apalagi kalo' jaga malam hari. Kopi lah teman
satu-satunya yang bisa diandalkan.
Menguasai diri saat ada ancaman dari pihak ketiga. Pihak ketiga yang
dimaksud di sini adalah ISP penyedia koneksi internet dan perusahaan
listrik. Ada kalanya kedua perusahaan itulah [ISP dan perusahaan
listrik] yang menyebabkan timbulnya bad mood. Entah itu karena koneksi
yang tiba-tiba disconnect atau lelet habis atau mungkin tiba-tiba
listrik padam. Jujur kalo' itu terjadi mangkel banget rasa di hati. Ya
rasa mangkel itu bercampur aduk dengan rasa nggak enak aja sama client.
Tapi ya mau gimana lagi toh itu "kesalahan" pihak ketiga. Hehehe...
Itulah sekelumit suka duka seorang OP warnet yang penulis alami.
Pengalaman tersebut bisa saja sama atau malah berbeda dengan OP-OP
warnet yang lain. Intinya kerja apapun itu ya harus sabar, sering-sering
senyum sama konsumen [apalagi kalo' konsumennya cantik hahaha...],
harus ikhlas. Biar rejekinya barokah. Amin.
Oiya...ini ada tambahan sedikit percakapan antar seorang OP warnet
dengan clientnya. Silahkan disimak.
O = Operator
C = Client
C : Mas bikinin facebook dong
O : Email nya apa, mbak?
C : Nggak punya...!! Bikinin sekalian aja deh mas...!!
O : Besok kesini lagi deh mbak, jangan lupa bawa KTP + KK + Akte
Kelahiran ya [sambil meneteskan air mata]
C : Mas, saya kok gak bisa buka facebook ya
O : Saya nggak tau. Password nya salah kali tuh, coba ketik ulang
C : Emang paspor facebook saya apa sih mas?
O : Nggak tau mbak. Coba aja tanya sama kedutaan, kali aja dia tau
[sambil membenturkan kepala di meja OP]
C : Mas saya mau ngelamar kerjaan lewat internet
O : Mas punya email?
C : Nggak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang.
Minta di cariin aja sama yang jaga-nya
O : Wah kalo' gampang, saya nggak kerja disini...!! [sambil minum kopi
yang masih sangat panas]
C : Mas, saya ada tugas bikin artikel nih
O : Tentang apa?
C : Tentang tokoh pahlawan Indonesia
O : Cari aja di wikipedia.
C : Ah males mas, lagian saya nggak ngerti. Mas cariin yah, besok saya
kesini lagi
O : Besok saya udah nggak kerja disini lagi...!! [sambil buru-buru
ngetik surat resign]
C : Mas, kok saya upload foto lama bgt sih. LOLA nih internet nya
O : Emang berapa foto yang mau di upload?
C : Cuma 100 foto doang kok
O : [ambil kresek dan langsung muntah]
C : Mas mau maen internet dong
O : Waduh lagi penuh tuh dek warnet nya
C : Ada yang udah mau selesai nggak mas?
O : Emmm...coba aja adek tanyain satu satu client yang lagi nge-net
[sambil meremas mouse]
C : Mas, ada yang kosong nggak?
O : Semua nya kosong. Kan lagi mati lampu
C : Oh...idup nya lagi kapan ya mas?
O : Saya OP warnet mbak. Bukan petugas PLN
[sambil masukin jari tangan ke stop kontak dan berharap listrik segera
menyala]
C : Mas, saya mau pakek'in PASPOR di MIKROSKOP word saya dong
O : Nggak usah pake paspor mbak kalo mau pake' mikroskop mah. Emang nya
mbak mao naek haji
[sambil tertunduk dengan lesu]
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ
Suka Duka Seorang OP
Warnet
OP atau Operator di warnet adalah orang yang biasanya menjadi penjaga
warnet, duduk di depan monitor server, merangkap kasir, sekalian
melayani client [pengguna warnet]. Melayani dalam hal ini perlu
ditegaskan, bahwasannya hanya sebatas membantu client mengatasi
permasalahan-permasalahan seputar internet dan komputer yang bermasalah.
Tidak lebih...!! Jadi arti melayani di sini bukan berarti client bisa
seenaknya nyuruh-nyuruh OP warnet untuk melakukan hal-hal yang tidak
sepatutnyaa dilakukan oleh OP warnet, walaupun mengatas namakan
"Konsumen Adalah Raja". Semisal client minta dikipasi, minta dipijiti
[begh...nuwun sewu... sepurane yo... ora sudi...!! gundulmu, mbok pikir
aku jongosmu...!!] hahahaha....
Penulis mengangkat judul di atas, karena begitulah profesi sang penulis.
Ya...penulis adalah OP warnet di Funny Computer Bangsalsari Jember.
Walaupun sebenernya juga sebagai pemilik sih. Bisa di bilang penulis
adalah Bos sekaligus Jongos hahaha....
Dimana-mana dan apapun kerjaannya pasti ada suka dukanya, begitu juga
menjadi seorang OP warnet. Berikut penulis sampaikan beberapa suka duka
menjadi seorang OP warnet. Tulisan ini hanya sebatas pengalaman penulis
saja. Jadi mohon maaf kalo kurang berkenan di hati para pembaca
sekalian.
Suka citanya menjadi seorang OP warnet :
Bisa nge-net gratis sepuasnya [eh...nggak gratis juga ding,
masalahnya tiap bulan juga nyetor ke ISP buat bayar koneksi internetnya
hahahaha...]
Bisa banyak belajar. Semua ilmu yang ingin dicari, entah itu ilmu
positif atau ilmu negatif, ya internet lah tempatnya.
Menambah banyak teman. Teman bisa dari client yang menjadi langganan
atau pun teman dari dunia maya, melalui situs jejaring sosial atau
melalui aplikasi chat yang lain.
Kalo pengunjung banyak dan usaha lancar, ya Alhamdulillah rejeki
juga lancar [lumayan bisa buat bayar kredit sepeda hahaha...]
Duka derita menjadi seorang OP warnet :
Harus sabar. Apalagi kalo menghadapi client yang cerewet plus
ngeyel. Begh....ampun dah, kesabaran bener-bener diuji, jangan sampai
kalap lah pokoknya. Walau dari hati kecil sebenernya pengen banget nabok
tuh client.
Melawan rasa bad mood. Rasa ini sebenernya bisa menyerang siapa saja
dan apapun pekerjaannya. Kalo' udah bad mood emang susah, mau
ngapa-ngapain males. Tapi seorang OP warnet dituntut untuk mengatasi hal
ini, apalagi saat membantu client yang ada masalah dalam ber-internet
ria. Walau bad mood harus tetap dikerjakan.
Harus betah melek. Ya...seorang OP warnet memang dituntut untuk
melawan rasa kantuk, apalagi kalo' jaga malam hari. Kopi lah teman
satu-satunya yang bisa diandalkan.
Menguasai diri saat ada ancaman dari pihak ketiga. Pihak ketiga yang
dimaksud di sini adalah ISP penyedia koneksi internet dan perusahaan
listrik. Ada kalanya kedua perusahaan itulah [ISP dan perusahaan
listrik] yang menyebabkan timbulnya bad mood. Entah itu karena koneksi
yang tiba-tiba disconnect atau lelet habis atau mungkin tiba-tiba
listrik padam. Jujur kalo' itu terjadi mangkel banget rasa di hati. Ya
rasa mangkel itu bercampur aduk dengan rasa nggak enak aja sama client.
Tapi ya mau gimana lagi toh itu "kesalahan" pihak ketiga. Hehehe...
Itulah sekelumit suka duka seorang OP warnet yang penulis alami.
Pengalaman tersebut bisa saja sama atau malah berbeda dengan OP-OP
warnet yang lain. Intinya kerja apapun itu ya harus sabar, sering-sering
senyum sama konsumen [apalagi kalo' konsumennya cantik hahaha...],
harus ikhlas. Biar rejekinya barokah. Amin.
Oiya...ini ada tambahan sedikit percakapan antar seorang OP warnet
dengan clientnya. Silahkan disimak.
O = Operator
C = Client
C : Mas bikinin facebook dong
O : Email nya apa, mbak?
C : Nggak punya...!! Bikinin sekalian aja deh mas...!!
O : Besok kesini lagi deh mbak, jangan lupa bawa KTP + KK + Akte
Kelahiran ya [sambil meneteskan air mata]
C : Mas, saya kok gak bisa buka facebook ya
O : Saya nggak tau. Password nya salah kali tuh, coba ketik ulang
C : Emang paspor facebook saya apa sih mas?
O : Nggak tau mbak. Coba aja tanya sama kedutaan, kali aja dia tau
[sambil membenturkan kepala di meja OP]
C : Mas saya mau ngelamar kerjaan lewat internet
O : Mas punya email?
C : Nggak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang.
Minta di cariin aja sama yang jaga-nya
O : Wah kalo' gampang, saya nggak kerja disini...!! [sambil minum kopi
yang masih sangat panas]
C : Mas, saya ada tugas bikin artikel nih
O : Tentang apa?
C : Tentang tokoh pahlawan Indonesia
O : Cari aja di wikipedia.
C : Ah males mas, lagian saya nggak ngerti. Mas cariin yah, besok saya
kesini lagi
O : Besok saya udah nggak kerja disini lagi...!! [sambil buru-buru
ngetik surat resign]
C : Mas, kok saya upload foto lama bgt sih. LOLA nih internet nya
O : Emang berapa foto yang mau di upload?
C : Cuma 100 foto doang kok
O : [ambil kresek dan langsung muntah]
C : Mas mau maen internet dong
O : Waduh lagi penuh tuh dek warnet nya
C : Ada yang udah mau selesai nggak mas?
O : Emmm...coba aja adek tanyain satu satu client yang lagi nge-net
[sambil meremas mouse]
C : Mas, ada yang kosong nggak?
O : Semua nya kosong. Kan lagi mati lampu
C : Oh...idup nya lagi kapan ya mas?
O : Saya OP warnet mbak. Bukan petugas PLN
[sambil masukin jari tangan ke stop kontak dan berharap listrik segera
menyala]
C : Mas, saya mau pakek'in PASPOR di MIKROSKOP word saya dong
O : Nggak usah pake paspor mbak kalo mau pake' mikroskop mah. Emang nya
mbak mao naek haji
[sambil tertunduk dengan lesu]
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ
Suka Duka Seorang OP
Warnet
OP atau Operator di warnet adalah orang yang biasanya menjadi penjaga
warnet, duduk di depan monitor server, merangkap kasir, sekalian
melayani client [pengguna warnet]. Melayani dalam hal ini perlu
ditegaskan, bahwasannya hanya sebatas membantu client mengatasi
permasalahan-permasalahan seputar internet dan komputer yang bermasalah.
Tidak lebih...!! Jadi arti melayani di sini bukan berarti client bisa
seenaknya nyuruh-nyuruh OP warnet untuk melakukan hal-hal yang tidak
sepatutnyaa dilakukan oleh OP warnet, walaupun mengatas namakan
"Konsumen Adalah Raja". Semisal client minta dikipasi, minta dipijiti
[begh...nuwun sewu... sepurane yo... ora sudi...!! gundulmu, mbok pikir
aku jongosmu...!!] hahahaha....
Penulis mengangkat judul di atas, karena begitulah profesi sang penulis.
Ya...penulis adalah OP warnet di Funny Computer Bangsalsari Jember.
Walaupun sebenernya juga sebagai pemilik sih. Bisa di bilang penulis
adalah Bos sekaligus Jongos hahaha....
Dimana-mana dan apapun kerjaannya pasti ada suka dukanya, begitu juga
menjadi seorang OP warnet. Berikut penulis sampaikan beberapa suka duka
menjadi seorang OP warnet. Tulisan ini hanya sebatas pengalaman penulis
saja. Jadi mohon maaf kalo kurang berkenan di hati para pembaca
sekalian.
Suka citanya menjadi seorang OP warnet :
Bisa nge-net gratis sepuasnya [eh...nggak gratis juga ding,
masalahnya tiap bulan juga nyetor ke ISP buat bayar koneksi internetnya
hahahaha...]
Bisa banyak belajar. Semua ilmu yang ingin dicari, entah itu ilmu
positif atau ilmu negatif, ya internet lah tempatnya.
Menambah banyak teman. Teman bisa dari client yang menjadi langganan
atau pun teman dari dunia maya, melalui situs jejaring sosial atau
melalui aplikasi chat yang lain.
Kalo pengunjung banyak dan usaha lancar, ya Alhamdulillah rejeki
juga lancar [lumayan bisa buat bayar kredit sepeda hahaha...]
Duka derita menjadi seorang OP warnet :
Harus sabar. Apalagi kalo menghadapi client yang cerewet plus
ngeyel. Begh....ampun dah, kesabaran bener-bener diuji, jangan sampai
kalap lah pokoknya. Walau dari hati kecil sebenernya pengen banget nabok
tuh client.
Melawan rasa bad mood. Rasa ini sebenernya bisa menyerang siapa saja
dan apapun pekerjaannya. Kalo' udah bad mood emang susah, mau
ngapa-ngapain males. Tapi seorang OP warnet dituntut untuk mengatasi hal
ini, apalagi saat membantu client yang ada masalah dalam ber-internet
ria. Walau bad mood harus tetap dikerjakan.
Harus betah melek. Ya...seorang OP warnet memang dituntut untuk
melawan rasa kantuk, apalagi kalo' jaga malam hari. Kopi lah teman
satu-satunya yang bisa diandalkan.
Menguasai diri saat ada ancaman dari pihak ketiga. Pihak ketiga yang
dimaksud di sini adalah ISP penyedia koneksi internet dan perusahaan
listrik. Ada kalanya kedua perusahaan itulah [ISP dan perusahaan
listrik] yang menyebabkan timbulnya bad mood. Entah itu karena koneksi
yang tiba-tiba disconnect atau lelet habis atau mungkin tiba-tiba
listrik padam. Jujur kalo' itu terjadi mangkel banget rasa di hati. Ya
rasa mangkel itu bercampur aduk dengan rasa nggak enak aja sama client.
Tapi ya mau gimana lagi toh itu "kesalahan" pihak ketiga. Hehehe...
Itulah sekelumit suka duka seorang OP warnet yang penulis alami.
Pengalaman tersebut bisa saja sama atau malah berbeda dengan OP-OP
warnet yang lain. Intinya kerja apapun itu ya harus sabar, sering-sering
senyum sama konsumen [apalagi kalo' konsumennya cantik hahaha...],
harus ikhlas. Biar rejekinya barokah. Amin.
Oiya...ini ada tambahan sedikit percakapan antar seorang OP warnet
dengan clientnya. Silahkan disimak.
O = Operator
C = Client
C : Mas bikinin facebook dong
O : Email nya apa, mbak?
C : Nggak punya...!! Bikinin sekalian aja deh mas...!!
O : Besok kesini lagi deh mbak, jangan lupa bawa KTP + KK + Akte
Kelahiran ya [sambil meneteskan air mata]
C : Mas, saya kok gak bisa buka facebook ya
O : Saya nggak tau. Password nya salah kali tuh, coba ketik ulang
C : Emang paspor facebook saya apa sih mas?
O : Nggak tau mbak. Coba aja tanya sama kedutaan, kali aja dia tau
[sambil membenturkan kepala di meja OP]
C : Mas saya mau ngelamar kerjaan lewat internet
O : Mas punya email?
C : Nggak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang.
Minta di cariin aja sama yang jaga-nya
O : Wah kalo' gampang, saya nggak kerja disini...!! [sambil minum kopi
yang masih sangat panas]
C : Mas, saya ada tugas bikin artikel nih
O : Tentang apa?
C : Tentang tokoh pahlawan Indonesia
O : Cari aja di wikipedia.
C : Ah males mas, lagian saya nggak ngerti. Mas cariin yah, besok saya
kesini lagi
O : Besok saya udah nggak kerja disini lagi...!! [sambil buru-buru
ngetik surat resign]
C : Mas, kok saya upload foto lama bgt sih. LOLA nih internet nya
O : Emang berapa foto yang mau di upload?
C : Cuma 100 foto doang kok
O : [ambil kresek dan langsung muntah]
C : Mas mau maen internet dong
O : Waduh lagi penuh tuh dek warnet nya
C : Ada yang udah mau selesai nggak mas?
O : Emmm...coba aja adek tanyain satu satu client yang lagi nge-net
[sambil meremas mouse]
C : Mas, ada yang kosong nggak?
O : Semua nya kosong. Kan lagi mati lampu
C : Oh...idup nya lagi kapan ya mas?
O : Saya OP warnet mbak. Bukan petugas PLN
[sambil masukin jari tangan ke stop kontak dan berharap listrik segera
menyala]
C : Mas, saya mau pakek'in PASPOR di MIKROSKOP word saya dong
O : Nggak usah pake paspor mbak kalo mau pake' mikroskop mah. Emang nya
mbak mao naek haji
[sambil tertunduk dengan lesu]
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ
OP atau Operator di
warnet adalah orang yang biasanya menjadi penjaga warnet, duduk di depan
monitor server, merangkap kasir, sekalian melayani client [pengguna
warnet]. Melayani dalam hal ini perlu ditegaskan, bahwasannya hanya
sebatas membantu client mengatasi permasalahan-permasalahan seputar
internet dan komputer yang bermasalah. Tidak lebih...!! Jadi arti
melayani di sini bukan berarti client bisa seenaknya nyuruh-nyuruh OP
warnet untuk melakukan hal-hal yang tidak sepatutnyaa dilakukan oleh OP
warnet, walaupun mengatas namakan "Konsumen Adalah Raja". Semisal client
minta dikipasi, minta dipijiti [begh...nuwun sewu... sepurane yo... ora
sudi...!! gundulmu, mbok pikir aku jongosmu...!!] hahahaha....
Penulis mengangkat judul di atas, karena begitulah profesi sang penulis.
Ya...penulis adalah OP warnet di Funny Computer Bangsalsari Jember.
Walaupun sebenernya juga sebagai pemilik sih. Bisa di bilang penulis
adalah Bos sekaligus Jongos hahaha....
Dimana-mana dan apapun kerjaannya pasti ada suka dukanya, begitu juga
menjadi seorang OP warnet. Berikut penulis sampaikan beberapa suka duka
menjadi seorang OP warnet. Tulisan ini hanya sebatas pengalaman penulis
saja. Jadi mohon maaf kalo kurang berkenan di hati para pembaca
sekalian.
Suka citanya menjadi seorang OP warnet :
Bisa nge-net gratis sepuasnya [eh...nggak gratis juga ding,
masalahnya tiap bulan juga nyetor ke ISP buat bayar koneksi internetnya
hahahaha...]
Bisa banyak belajar. Semua ilmu yang ingin dicari, entah itu ilmu
positif atau ilmu negatif, ya internet lah tempatnya.
Menambah banyak teman. Teman bisa dari client yang menjadi langganan
atau pun teman dari dunia maya, melalui situs jejaring sosial atau
melalui aplikasi chat yang lain.
Kalo pengunjung banyak dan usaha lancar, ya Alhamdulillah rejeki
juga lancar [lumayan bisa buat bayar kredit sepeda hahaha...]
Duka derita menjadi seorang OP warnet :
Harus sabar. Apalagi kalo menghadapi client yang cerewet plus
ngeyel. Begh....ampun dah, kesabaran bener-bener diuji, jangan sampai
kalap lah pokoknya. Walau dari hati kecil sebenernya pengen banget nabok
tuh client.
Melawan rasa bad mood. Rasa ini sebenernya bisa menyerang siapa saja
dan apapun pekerjaannya. Kalo' udah bad mood emang susah, mau
ngapa-ngapain males. Tapi seorang OP warnet dituntut untuk mengatasi hal
ini, apalagi saat membantu client yang ada masalah dalam ber-internet
ria. Walau bad mood harus tetap dikerjakan.
Harus betah melek. Ya...seorang OP warnet memang dituntut untuk
melawan rasa kantuk, apalagi kalo' jaga malam hari. Kopi lah teman
satu-satunya yang bisa diandalkan.
Menguasai diri saat ada ancaman dari pihak ketiga. Pihak ketiga yang
dimaksud di sini adalah ISP penyedia koneksi internet dan perusahaan
listrik. Ada kalanya kedua perusahaan itulah [ISP dan perusahaan
listrik] yang menyebabkan timbulnya bad mood. Entah itu karena koneksi
yang tiba-tiba disconnect atau lelet habis atau mungkin tiba-tiba
listrik padam. Jujur kalo' itu terjadi mangkel banget rasa di hati. Ya
rasa mangkel itu bercampur aduk dengan rasa nggak enak aja sama client.
Tapi ya mau gimana lagi toh itu "kesalahan" pihak ketiga. Hehehe...
Itulah sekelumit suka duka seorang OP warnet yang penulis alami.
Pengalaman tersebut bisa saja sama atau malah berbeda dengan OP-OP
warnet yang lain. Intinya kerja apapun itu ya harus sabar, sering-sering
senyum sama konsumen [apalagi kalo' konsumennya cantik hahaha...],
harus ikhlas. Biar rejekinya barokah. Amin.
Oiya...ini ada tambahan sedikit percakapan antar seorang OP warnet
dengan clientnya. Silahkan disimak.
O = Operator
C = Client
C : Mas bikinin facebook dong
O : Email nya apa, mbak?
C : Nggak punya...!! Bikinin sekalian aja deh mas...!!
O : Besok kesini lagi deh mbak, jangan lupa bawa KTP + KK + Akte
Kelahiran ya [sambil meneteskan air mata]
C : Mas, saya kok gak bisa buka facebook ya
O : Saya nggak tau. Password nya salah kali tuh, coba ketik ulang
C : Emang paspor facebook saya apa sih mas?
O : Nggak tau mbak. Coba aja tanya sama kedutaan, kali aja dia tau
[sambil membenturkan kepala di meja OP]
C : Mas saya mau ngelamar kerjaan lewat internet
O : Mas punya email?
C : Nggak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang.
Minta di cariin aja sama yang jaga-nya
O : Wah kalo' gampang, saya nggak kerja disini...!! [sambil minum kopi
yang masih sangat panas]
C : Mas, saya ada tugas bikin artikel nih
O : Tentang apa?
C : Tentang tokoh pahlawan Indonesia
O : Cari aja di wikipedia.
C : Ah males mas, lagian saya nggak ngerti. Mas cariin yah, besok saya
kesini lagi
O : Besok saya udah nggak kerja disini lagi...!! [sambil buru-buru
ngetik surat resign]
C : Mas, kok saya upload foto lama bgt sih. LOLA nih internet nya
O : Emang berapa foto yang mau di upload?
C : Cuma 100 foto doang kok
O : [ambil kresek dan langsung muntah]
C : Mas mau maen internet dong
O : Waduh lagi penuh tuh dek warnet nya
C : Ada yang udah mau selesai nggak mas?
O : Emmm...coba aja adek tanyain satu satu client yang lagi nge-net
[sambil meremas mouse]
C : Mas, ada yang kosong nggak?
O : Semua nya kosong. Kan lagi mati lampu
C : Oh...idup nya lagi kapan ya mas?
O : Saya OP warnet mbak. Bukan petugas PLN
[sambil masukin jari tangan ke stop kontak dan berharap listrik segera
menyala]
C : Mas, saya mau pakek'in PASPOR di MIKROSKOP word saya dong
O : Nggak usah pake paspor mbak kalo mau pake' mikroskop mah. Emang nya
mbak mao naek haji
[sambil tertunduk dengan lesu]
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ
OP atau Operator di
warnet adalah orang yang biasanya menjadi penjaga warnet, duduk di depan
monitor server, merangkap kasir, sekalian melayani client [pengguna
warnet]. Melayani dalam hal ini perlu ditegaskan, bahwasannya hanya
sebatas membantu client mengatasi permasalahan-permasalahan seputar
internet dan komputer yang bermasalah. Tidak lebih...!! Jadi arti
melayani di sini bukan berarti client bisa seenaknya nyuruh-nyuruh OP
warnet untuk melakukan hal-hal yang tidak sepatutnyaa dilakukan oleh OP
warnet, walaupun mengatas namakan "Konsumen Adalah Raja". Semisal client
minta dikipasi, minta dipijiti [begh...nuwun sewu... sepurane yo... ora
sudi...!! gundulmu, mbok pikir aku jongosmu...!!] hahahaha....
Penulis mengangkat judul di atas, karena begitulah profesi sang penulis.
Ya...penulis adalah OP warnet di Funny Computer Bangsalsari Jember.
Walaupun sebenernya juga sebagai pemilik sih. Bisa di bilang penulis
adalah Bos sekaligus Jongos hahaha....
Dimana-mana dan apapun kerjaannya pasti ada suka dukanya, begitu juga
menjadi seorang OP warnet. Berikut penulis sampaikan beberapa suka duka
menjadi seorang OP warnet. Tulisan ini hanya sebatas pengalaman penulis
saja. Jadi mohon maaf kalo kurang berkenan di hati para pembaca
sekalian.
Suka citanya menjadi seorang OP warnet :
Bisa nge-net gratis sepuasnya [eh...nggak gratis juga ding,
masalahnya tiap bulan juga nyetor ke ISP buat bayar koneksi internetnya
hahahaha...]
Bisa banyak belajar. Semua ilmu yang ingin dicari, entah itu ilmu
positif atau ilmu negatif, ya internet lah tempatnya.
Menambah banyak teman. Teman bisa dari client yang menjadi langganan
atau pun teman dari dunia maya, melalui situs jejaring sosial atau
melalui aplikasi chat yang lain.
Kalo pengunjung banyak dan usaha lancar, ya Alhamdulillah rejeki
juga lancar [lumayan bisa buat bayar kredit sepeda hahaha...]
Duka derita menjadi seorang OP warnet :
Harus sabar. Apalagi kalo menghadapi client yang cerewet plus
ngeyel. Begh....ampun dah, kesabaran bener-bener diuji, jangan sampai
kalap lah pokoknya. Walau dari hati kecil sebenernya pengen banget nabok
tuh client.
Melawan rasa bad mood. Rasa ini sebenernya bisa menyerang siapa saja
dan apapun pekerjaannya. Kalo' udah bad mood emang susah, mau
ngapa-ngapain males. Tapi seorang OP warnet dituntut untuk mengatasi hal
ini, apalagi saat membantu client yang ada masalah dalam ber-internet
ria. Walau bad mood harus tetap dikerjakan.
Harus betah melek. Ya...seorang OP warnet memang dituntut untuk
melawan rasa kantuk, apalagi kalo' jaga malam hari. Kopi lah teman
satu-satunya yang bisa diandalkan.
Menguasai diri saat ada ancaman dari pihak ketiga. Pihak ketiga yang
dimaksud di sini adalah ISP penyedia koneksi internet dan perusahaan
listrik. Ada kalanya kedua perusahaan itulah [ISP dan perusahaan
listrik] yang menyebabkan timbulnya bad mood. Entah itu karena koneksi
yang tiba-tiba disconnect atau lelet habis atau mungkin tiba-tiba
listrik padam. Jujur kalo' itu terjadi mangkel banget rasa di hati. Ya
rasa mangkel itu bercampur aduk dengan rasa nggak enak aja sama client.
Tapi ya mau gimana lagi toh itu "kesalahan" pihak ketiga. Hehehe...
Itulah sekelumit suka duka seorang OP warnet yang penulis alami.
Pengalaman tersebut bisa saja sama atau malah berbeda dengan OP-OP
warnet yang lain. Intinya kerja apapun itu ya harus sabar, sering-sering
senyum sama konsumen [apalagi kalo' konsumennya cantik hahaha...],
harus ikhlas. Biar rejekinya barokah. Amin.
Oiya...ini ada tambahan sedikit percakapan antar seorang OP warnet
dengan clientnya. Silahkan disimak.
O = Operator
C = Client
C : Mas bikinin facebook dong
O : Email nya apa, mbak?
C : Nggak punya...!! Bikinin sekalian aja deh mas...!!
O : Besok kesini lagi deh mbak, jangan lupa bawa KTP + KK + Akte
Kelahiran ya [sambil meneteskan air mata]
C : Mas, saya kok gak bisa buka facebook ya
O : Saya nggak tau. Password nya salah kali tuh, coba ketik ulang
C : Emang paspor facebook saya apa sih mas?
O : Nggak tau mbak. Coba aja tanya sama kedutaan, kali aja dia tau
[sambil membenturkan kepala di meja OP]
C : Mas saya mau ngelamar kerjaan lewat internet
O : Mas punya email?
C : Nggak punya mas, kata temen saya nyari kerja di internet gampang.
Minta di cariin aja sama yang jaga-nya
O : Wah kalo' gampang, saya nggak kerja disini...!! [sambil minum kopi
yang masih sangat panas]
C : Mas, saya ada tugas bikin artikel nih
O : Tentang apa?
C : Tentang tokoh pahlawan Indonesia
O : Cari aja di wikipedia.
C : Ah males mas, lagian saya nggak ngerti. Mas cariin yah, besok saya
kesini lagi
O : Besok saya udah nggak kerja disini lagi...!! [sambil buru-buru
ngetik surat resign]
C : Mas, kok saya upload foto lama bgt sih. LOLA nih internet nya
O : Emang berapa foto yang mau di upload?
C : Cuma 100 foto doang kok
O : [ambil kresek dan langsung muntah]
C : Mas mau maen internet dong
O : Waduh lagi penuh tuh dek warnet nya
C : Ada yang udah mau selesai nggak mas?
O : Emmm...coba aja adek tanyain satu satu client yang lagi nge-net
[sambil meremas mouse]
C : Mas, ada yang kosong nggak?
O : Semua nya kosong. Kan lagi mati lampu
C : Oh...idup nya lagi kapan ya mas?
O : Saya OP warnet mbak. Bukan petugas PLN
[sambil masukin jari tangan ke stop kontak dan berharap listrik segera
menyala]
C : Mas, saya mau pakek'in PASPOR di MIKROSKOP word saya dong
O : Nggak usah pake paspor mbak kalo mau pake' mikroskop mah. Emang nya
mbak mao naek haji
[sambil tertunduk dengan lesu]
Copy and WIN :
http://ow.ly/KNICZ